Meneladani Nilai Positif dari Biografi Andrew Johnson 

Keberhasilan Amerika tentunya tidak terlepas dari seorang pemimpin yang cerdas dan andal mengatur segala perihal kebangsaan secara efektif. Salah satu pemimpin Amerika tersebut adalah Andrew Johnson. Semua hak tentang presiden ke -17 ini akan diulas dalam biografi Andrew Johnson.

Andrew Johnson merupakan pribadi yang terkenal dengan kesederhanaannya. Banyak nilai positif yang bisa diambil dari beliau.  Lantas, bagaimanakah perjalanan hidupnya? Silakan ambil nilai positifnya lewat uraian berikut ini.

Kelahiran Andrew Johnson

Image Source: whitehouse.gov

Andrew Johnson lahir pada tanggal 29 Desember 1808 di Raleigh, California Utara. Ia merupakan anak dari pasangan keluarga yang hidupnya serba kecukupan. Ibunya bekerja sebagai pelayan dan ayahnya bekerja sebagai penjaga penginapan.

Pendidikan Andrew Johnson

Andrew Johnson tidak pernah mengikuti pendidikan formal sedari kecil. Sejak muda ia selalu belajar secara otodidak untuk mempelajari segala hal. Saat muda, ia pernah berpengalaman sebagai seorang tukang jahit.

Ia kemudian melarikan diri menuju kota di Tennesse dan membuka usaha di bidang jahit pakaian. Nilai positif dari biografi Andrew Johnson yang bisa diambil adalah sikap sabar dan tidak mudah menyerah.

Karir Andrew Johnson

Karir Andrew Johnson dimulai ketika ia berusaha meletakkan perhatiannya pada berbagai permasalahan kemasyarakatan. Hal itulah yang kemudian membawanya ke dunia politik sehingga menjadikannya anggota Dewan Kotapraja. Setelah itu, dia juga menjabat sebagai wali kota.

Puncaknya terus meningkat hingga ia menjadi wakil negara bagian dan senator. Lalu, ia merangkap jabatan sebagai Guberner Tennesse dan senator dengan jangka waktu lima tahun. Ketika presiden Abraham Lincoln wafat, ia diangkat untuk menjabat presiden.

Berlandaskan pada konstitusi, Andrew Johnson sebelumnya telah menjadi wakil presiden. Ia secara otomatis menjadi presiden ketika Abraham Lincoln wafat. Ketika menjabat, dua amandemen berhasil dimasukkan ke dalam kongres Amerika.

Perlu diketahui bahwa ia termasuk salah satu anggota partai Demokrat. Ia memperjuangkan kongres dengan keras karena dipimpin partai republik yang radikal.  Nilai positif dari biografi Andrew Johson dari segi karir adalah keteguhan pendiriannya.

Keluarga Andrew Johnson

Andrew Johnson menikah dengan anak seorang tukang sepatu, Eliza Mc Cardie yang berpendidikan baik. Faktor itulah yang kemudian mendorongnya untuk belajar lebih giat. Ia dikaruniai tiga orang putra dan dua orang putri.

Nama kedua putri Andrew Johnson adalah Martha Johnson Patterson dan Mary Johnson. Sementara itu, nama ketiga putranya adalah Robert Johnson, Andrew Johnson, Jr. dan Robert Johnson. Nilai positif yang bisa diambil dari biografi Andrew Johnson dari segi keluarga, yaitu pemikirannya yang terbuka.

Bentuk Perjuangan Andrew Johnson

Nilai positif dari presiden Amerika ke-17 selanjutnya adalah perjuangannya dalam menyetarakan HAM orang-orang berkulit hitam. Perjuangan tersebut membuahkan hasil dengan ditambahkannya dua amandemen dalam kongres Amerika. Dua amandemen tersebut terdiri dari:

  1. Menghapus perbudakan di Amerika Serikat dan menjadikan orang-orang negro sebagai warga negara Amerika dan melarang segala bentuk diskriminasi terhadap mereka (Undang-undang Hak Sipil 1866).
  2. Tidak ada negara yang diperbolehkan mencabut jiwa, kebebasan atau harta benda seseorang tanpa melalui jalur hukum yang sah.

Selain itu, Andrew Johnson juga mengesahkan undang-undang masa jabatan. Undang-undang tersebut tidak memperbolehkan AS memecat pejabat yang ditunjuk senat tanpa adanya persetujuan dari anggota senat.

Itulah beberapa nilai positif yang bisa diteladani dari biografi Andrew Johnson. Semoga bisa menjadi alat motivasi bagi Anda untuk lebih semangat memperbaiki diri dan menjadi pemimpin yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *