Cara Mengolah Mie Instan untuk Ibu Hamil

Tubuh kita membutuhkan makanan sebagai asupan energi, namun selain itu makanan yang kita konsumsi pun menjadi salah satu asupan yang sangat menentukan kesehatan tubuh. Karena hal tersebutlah sejumlah pakar kesehatan sangat menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi, protein dan vitamin yang pas untuk menunjang kesehatan dan memberikan energi bagi tubuh kita.

Makanan adalah asupan yang penting untuk diperhatikan apalagi bagi Anda yang sedang mengandung. Sangat disarankan agar Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan sehat demi memberikan asupan yang menunjang kesehatan tubuh Anda dan juga pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandung.

Makanan sehat adalah makanan yang sangat dianjurkan, tapi bagaimana dengan mie instan? Mie instan bisa disebut sebagai salah satu jenis makanan yang sangat populer bagi banyak orang, khususnya di tanah air. Pasalnya, makanan yang satu ini memang memiliki kemudahan untuk menyajikannya ketimbang makanan lain, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Mie Instan selama ini dikenal sebagai makanan pengganjal perut yang sangat menolong apalagi saat kepepet, sayangnya mie instan juga dikenal sebagai salah satu makanan yang cukup berbahaya jika dikonsumsi lantaran bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan hingga penyakit mematikan.

Jika di pandang dari satu sisi maka mie instan memang jauh lebih baik untuk tidak dikonsumsi karena mie olahan tersebut memiliki kandungan zat kimia yang cukup tinggi sehingga bisa berisiko buruk pada kesehatan tubuh dan janin yang di kandung. Namun dari hasil penelitian mie instan ternyata juga memiliki kandungan yang cukup kompleks sebagai bahan makanan yang mengandung nutrisi hingga vitamin.

Mie instan adalah makanan yang berbahan dasar tepung, minyak, garam, cabai hingga tambahan sayuran kering. Selain itu mie instan juga memiliki kandungan natrium polifosfat, natrium karbodat, kalium karbonat dan monosodium untuk mengatur keasaman dan panguat rasa. Nah, dari semua komponen tersebut ternyata mie instan tidak selamanya buruk, bahkan seperti beberapa kondisi yang disebar oleh banyak kalangan.

Hasil penelitian dari sejumlah pakar menemukan fakta jika makanan olahan ini juga memiliki kandungan yang juga menyehatkan tubuh dan dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Karbohidrat, lemak, serat, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, B6, B12 vitamin C yang mana semua kandungan tersebut memiliki fungsi dan manfaat masing-masing pada tubuh Anda dan juga tumbuh kembang janin yang Anda kandung.

Namun semua kandungan tersebut tidak terdapat dalam jumlah yang banyak atau bisa dikatakan jika kandungan tersebut tidak mencukupi kebutuhan harian Anda. Saya yakin Anda akan bertanya, lalu apakah mie instan menjadi makanan yang aman untuk Anda konsumsi? Jika melihat dari kandungan yang ada mie instan bisa disebut sebagai makanan sehat yang aman untuk Anda konsumsi. Tapi para pakar tetap menganjurkan agar Anda memperhatikan jumlah mie instan yang Anda konsumsi.

Ya, Anda juga harus membatasi jumlah asupan mie instan, seperti kata pepatan semua hal yang berlebih itu tidak baik.

Nah, setelah Anda cukup paham dengan kandungan mie instan para pakar juga menyarankan agar Anda memperhatikan cara-cara mengolah mie instan agar tentunya kandungan dari zat berbahaya bisa ditekan, bagaimana cara mengolah mie instan untuk Ibu hamil? Berikut ulasannya.

Gunakan Air Lebih Banyak saat Merebus

Cara mengolah mie instan yang paling umum adalah direbus lebih dulu, cara ini agar membuat mie yang telah dikeringkan jadi lebih kenyal dan mudah untuk dikonsumsi.

Nah, poin pertama yang wajib Anda perhatikan adalah penggunaan air saat merebus mie instan. Para pakar menyarankan agar Anda merebus mie instan dengan jumlah air yang lebih banyak, bahkan dua kali lebih banyak dari biasanya saat Anda merebusnya.

Rebus Mie Minimal 2 Kali

Mie instan memang memiliki kandungan zat kimia agar lebih tahan dan menguatkan rasa dan teksturnya. Nah, dalam kehamilan zat kimia adalah kandungan yang berbahaya, untuk itu agar Anda bisa tetap mengkonsumsi mie instan tanpa khawatir dengan kandungan zat kimianya maka Anda dianjurkan untuk merebus mie instan lebih dari satu kali.

Para pakar menyarankan agar Anda merebus mie instan minimal 2 kali sebelum mengkonsumsinya, hal ini untuk menekan kandungan zat kimia di dalamnya dan mencegah zat kimia tersebut tercampur lagi dalam makanan Anda. Nah, setelah Anda membuang air rebusan seperti pada poin di atas, rebus kembali mie instan sebelum Anda mengkonsumsinya.

Batasi Bumbu Penyedapnya

Bumbu penyedap pada mie instan juga memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Nah, untuk menghindarinya yang dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan dan tubuh Anda sebaiknya Anda membatasi bumbu yang Anda gunakan.

Campurkan dengan Bahan Lain

Seperti yang saya jelaskan di atas, mie instan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, sayangnya kandungan tersebut hanya terdapat dalam jumlah yang sedikit dan tidak dapat memenuhi asupan sehar-hari Anda, apalagi bagi Ibu hamil yang memiliki kebutuhan asupan yang dua kali lebih banyak demi tumbuh kembang janin.

Nah, salah satu cara terbaik mengolah mie instan untuk Ibu hamil adalah dengan mencampurkan mie tersebut dengan bahan makanan lain yang juga memiliki kandungan sehat. Seperti tomat, ikan, telur, ayam, daging dalam jumlah terbatas, sayuran hijau dan makanan-makanan lain yang punya kandungan nutrisi, protein dan vitamin.

Bahan campuran ini tentu akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan asupan keseharian Anda serta memberikan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan Anda selama kehamilan.

Satu lagi, jika Anda memutuskan untuk mengkonsumsi mie instan Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsinya setiap hari, para pakar menyarankan agar Anda hanya mengkonsumsi mie instan maksimal dua kali dalam satu minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *