5 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Rumah Type 36

desain ruang tamu minimalis

Anda yang memiliki rumah type 36 mungkin merasa ragu jika ingin menambahkan ruang tamu di bagian depan rumah.

Pasalnya type ini memang termasuk yang berukuran tidak terlalu kecil tapi tidak bisa disebut luas juga. Sedangkan adanya ruang tamu mempermudah anda dalam menerima tamu sehingga tidak langsung masuk ke area pribadi seperi ruang keluarga dan tempat lainnya.

Namun jangan khawatir, anda tetap bisa menggunakan ruang tamu pada rumah anda yang bertype 36. Bingung konsepnya harus seperti apa ? Berikut ini deretan desain ruang tamu minimalis dengan type 36.

1. Gunakan Sofa Single atau Double

desain ruang tamu minimalis
decoist.com

Untuk anda yang ingin ruang tamu dengan rumah type 36 maka kubur dalam-dalam keinginan menggunakan perabotan mewah. Bukannya indah justru nanti akan memenuhi ruang dan sulit untuk bergerak. Sedangkan konsep minimalis lebih cocok dengan ruang tamu type 36.

Usahakan untuk menggunakan sofa kecil saja. Kalaupun mau menggunakan sofa biasa maka pilih yang single ataupun sofa double. Sehingga lebih efisien dan juga bagus.

2. Gunakan Meja Kopi

desain ruang tamu minimalis
dezeen.com

Selanjutnya trik ruang tamu yang bisa dilakukan untuk rumah type 36 tentu saja penggunaan meja ruang tamu yang sederhana saja. Dimana meja tamu ditujukan untuk meletakan kopi ketika ada tamu atau kue-kue saja tidak memerlukan meja besar untuk kebutuhan ini.

Selain itu hindari meja bersudut seperti persegi panjang, menginfat rumah sempit seperti type 36 akan sulit bergerak jika menggunakan meja sudut dan juga membahayakan anak-anak.

3. Mainkan Warna

desain ruang tamu minimalis

Warna untuk ruang tamu menjadi peranan penting bagi konsep minimalis. Apalagi di rumah type 36, ingin dimunculkan efek luas dan besar. Usahakan untuk menggunakan warna minimalis yang umum dan netral saja.

Kalaupun anda ingin menggunakan warma cerah baiknya mengkombinasikannya saja agar tidak terlalu mencolok warnanya.

4. Gunakan Karpet Sederhana

desain ruang tamu minimalis
apartmenttherapy.com

Jika rumah anda type 36 namun ingin menghias ruang tamu dengan karpet, sebenarnya sah sah saja. Anda bisa menggunakan karpet berbulu atau biasa dan diletakan tepat dibawah meja tamu.

Namun perlu diingat bahwa ruang tamu anda tidaklah besar. Gunakan karpet yang ukurannya sesuai ruang tamu agar terlihat seimbang dan tidak berlebihan. Terutama karpet dengan bahan yang terlalu tebal atau motif yang terlalu mencolok. Akan memberikan kesan sempit pada ruang tamu.

5. Pencahayaan

desain ruang tamu minimalis

Terakhir yang bisa anda atur adalah pencahayaan. Dimana dengan adanya sirkulasi udara dan juga jendela yang sesuai maka akan memberikan efek segar dan luas pada ruang tamu type 36. Tidak perlu sulit , cukup jendela 2 buah tepat di ruang tamu. Dengan begitu sirkulasi udara akan berjalan.

Anda juga bisa mengaturnya dengan lampu yang digunakan saat malam hari. Anda diperbolehkan membeli lampu hias dengan berbagai bentuk untuk mempercantik ruangan.

Ruang tamu pada dasarnya adalah ruangan yang paling depan dan digunakan untuk menerima tamu saat datang kerumah. Sehingga anda tidak perlu mengajaknya kedalam rumah. Biasanya untum type 36, ruang tamu dan ruang keluarga tidak memiliki sekat dan terlihat begitu saja.

Apalagi jika kembali pada konsep minimalis yang anda usung,membuat ruang tamu dan ruang keluarga hanya menjadi area berbeda tanpa sekat. Jika kurang nyaman anda bisa menggunakan tambahan tirai pembatas atau bisa digunakan seperti rotan/kayu penghalang agar tidak mudah terlihat ke arah ruang keluarga.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *