Biografi John Adams Pelopor Revolusi Amerika

Biografi John Adams memang sangat menarik untuk ditelusuri. Sosok presiden ke-2 Amerika Serikat ini memang sangat menginspirasi. Selain menjadi salah satu pelopor gerakan revolusi melawan Inggris hingga Amerika bisa merdeka, John Adams juga terkenal sebagai salah satu negarawan yang paling sukses kariernya.

Selain itu, berkat dokumen-dokumen dan surat kabar yang ditulis oleh John Adams, maka sejarah Amerika pada masa awal-awal kemerdekaan bisa tercatat dengan baik. Hingga kini, sudah banyak biografi John Adams yang dituliskan untuk menginspirasi para pembacanya. Berikut adalah biografi singkatnya.

Masa Kecil dan Pendidikan John Adams

Image Source: history.com

John Adams lahir pada tanggal 30 Oktober 1735 dari pasangan suami istri John Adams Sr. dan Susanna Boylston. Adams lahir dalam sebuah lingkungan keluarga petani di daerah Braintree, Massachusetts. Ayahnya bekerja sebagai anggota gereja, petani, pembuat sepatu kulit, dan letnan di kemiliteran.

Meskipun tumbuh di lingkungan yang sederhana, namun Adam kecil tidak begitu saja menganut pemikiran dari lingkungannya tersebut. Ia mendapatkan pendidikan pertamanya saat umur 6 tahun di “Dame School”, yaitu model sekolah sebelum SD dengan murid dikumpulkan di rumah guru dan mendapat pelajaran.

Setelah itu, disebutkan dalam biografi John Adams bahwa ia melanjutkan ke Braintree Latin School. Selanjutnya, Adams masuk ke Harvard saat menginjak usia 16 tahun dan tertarik mempelajari banyak tokoh penulis lawas seperti Thucydides, Plato, Cicero.

Meskipun ayahnya berharap Adams menjadi perdana menteri setelah lulus kuliah, nyatanya setelah lulus pada tahun 1755 ia mengajar di sebuah sekolah di Worcester sambil memikirkan pekerjaan apa yang ingin ia ambil. Dari sinilah keinginannya menjadi “orang hebat” muncul.

 

Karier John Adams sebelum Revolusi

John Adams memulai kariernya jauh sebelum revolusi pecah di Amerika. Ia menjadi salah satu tokoh akademis yang menantang Stamp Act, yaitu aksi dari parlemen Inggris uang ingin menyeragamkan semua dokumen di daerah kekuasaannya agar memiliki stempel resmi dari kerajaan.

Pada tahun 1774, Adams berhasil terpilih menjadi representasi Massachusetts dari 12 koloni pada Continental Congress di Philadelphia. Dalam biografi John Adams, ia dan sepupunya Samuel Adams otomatis menjadi penentang kebijakan rekonsiliasi dengan kerajaan Inggris.

John Adams semakin terkenal sebagai bapak revolusi. Ia kemudian mengajukan George Washington untuk menjadi komandan bagi para pasukan antar benua. Selanjutnya, ia juga meminta Thomas Jefferson untuk menyusun Declaration of Independence yang menjadi cikal bakal kemerdekaan Amerika.

Masa Kepemimpinan John Adams

Setelah revolusi, Amerika melakukan pemilihan umum pertamanya. John Adams akhirnya bertarung dengan George Washington sebagai calon presiden. Namun pada pemilu tersebut, John Adams kalah dari Washington dan baru menyadari bahwa Washington juga memiliki kepentingan politik sendiri.

Akhirnya John Adams hanya mendapatkan tempat sebagai wakil presiden saja. Selama masa jabatannya, John Adams berkali-kali mengajukan pemilihan ulang dan berharap posisinya bisa naik menggantikan Washington, namun rupanya semua usaha tersebut sia-sia belaka.

Hingga akhirnya pada pemilu 1796, John Adams berhasil mengalahkan kandidat dari partai republik, Thomas Jefferson. Pemerintahannya hanya berjalan selama satu periode mulai tahun 1797-1801 karena pada pemilu selanjutnya, Thomas Jefferson berhasil mengalahkan John Adams.

Itulah sekilas tentang perjalanan negarawan ulung, politikus, sekaligus pelopor gerakan revolusi di Amerika, John Adams. Mengetahui ceritanya dari biografi John Adams diharapkan mampu membangkitkan semangat untuk menjadi orang hebat di masa mendatang. John Adams adalah bukti bahwa keinginan terbesar bisa terwujud jika dijalani dengan sungguh-sungguh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *