5 Hal yang Kamu Dapat Ketika Masuk Jurusan Sastra Inggris

Kuliah sastra Inggris berbeda dengan kuliah bahasa Inggris. Jika anda mengambil jurusan sastra Inggris anda akan mendapatkan pelajaran mengenai budaya sejarah sastra dan bahasa Inggris. Jadi anda akan banyak pengetahuan yang sangat berguna untuk anda nantinya.

Jadi sebelum anda memilih kuliah dengan jurusan sastra Inggris anda bisa ketahui terlebih dahulu apa yang bisa anda dapatkan pada jurusan tersebut. Berikut ini lima hal yang bisa anda dapatkan seperti :

Peluang Sastra Inggris

Image Source: flanderstoday.eu

·    Anda akan memiliki kesempatan sukses di berbagai bidang : banyak orang yang beranggapan dengan mengambil kuliah sastra akan sulit mendapatkan pekerjaan dan tidak memiliki masa depan. Bahkan banyak orang yang berpendapat Mahasiswa Sastra akan lulus dengan waktu yang lama.

Namun sebenarnya dengan jurusan ini terdapat potensi yang bagus dan memiliki peluang untuk bisa sukses. Bahkan anda bisa mendapatkan kemampuan yang terbaik yang bisa digunakan di berbagai bidang.

·       Bisa menjadi pribadi yang luwes : sastra bukanlah suatu ilmu yang pasti seperti ilmu fisika, kimia ataupun matematika. Di mana pemahaman karya sastra tidak bisa disimpulkan secara mutlak benar ataupun salah semua itu relatif. Sebenarnya jika anda membaca karya sastra seperti membaca tentang isi dunia.

    Sastra bisa membuat anda menjadi terhibur, memberikan kesenangan, bisa lebih ekspresif dan dapat memberikan banyak pengalaman yang mungkin belum pernah dirasakan. Sehingga sastra bisa mengajarkan anda untuk berpikir secara terbuka dan luwes.

    Karena biasanya Mahasiswa Sastra banyak menganalisis tentang karya sastra dari berbagai sudut pandang sehingga anda bisa banyak belajar dan terbiasa untuk melihat permasalahan hidup dari sudut pandang yang berbeda-beda. Sehingga bisa membuat anda akan lebih peka dan memiliki rasa empati yang lebih tinggi.

·         Mahasiswa Sastra tidak memiliki pribadi yang kaku : kuliah sastra banyak sekali menggunakan banyak buku yang harus dibaca dan bahasanya pun lebih cenderung memiliki makna konotasi bermajas dan bersifat persuasif. Sehingga anda akan memiliki pribadi yang lebih ekspresif.

   Jadi Mahasiswa Sastra bukan pribadi yang kaku karena mata kuliahnya banyak menuntut mereka untuk selalu berkomunikasi dengan ekspresi dan meniru gaya orang Inggris.

·         Memiliki karakter yang Easy going : dengan anda memilih kuliah sastra Inggris anda akan memiliki karakter yang Easy going. Karena mereka banyak mempelajari buku-buku sastra yang menjadikan pribadi mereka lebih kritis, tidak malas mikir dan selalu penuh dengan perhitungan pada saat membuat keputusan.

·        Dilatih untuk bisa pandai bicara : bagi mahasiswa sastra memang memiliki kepintaran dalam menulis dan mengolah kata namun selain itu mereka memiliki kemampuan berbicara yang di mana hal tersebut sudah menjadi modal utama. Karena ada jurusan ini anda akan mendapatkan mata kuliah public speaking dan jurnalisme.

Itulah yang bisa anda dapatkan jika anda masuk ke dalam jurusan sastra Inggris sehingga anda bisa mengambil jurusan tersebut tanpa rasa takut apapun. Jadi jika anda memiliki menjadi seorang penulis sangat cocok jika anda mengambil jurusan ini.

Karena nantinya anda akan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat bagi anda. Jurusan ini juga akan membuat diri anda bisa mengembangkan kreasi anda agar lebih berkembang. Dan jangan pernah takut jika anda akan sulit mendapatkan pekerjaan karena jurusan ini justru bisa membuat anda bekerja di mana saja sesuai yang anda inginkan. Bahkan anda juga bisa bekerja sesuai dengan kemampuan dan hobi anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *