3 Kelebihan dan Kekurangan Software SAP yang Wajib Anda Tahu

kelebihan dan kekurangan software sap

Setiap hal yang ada di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali dengan software SAP. Karena meskipun telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia guna membantu pekerjaan operasional mereka serta telah memiliki sejarah panjang dan berliku namun tetap saja pasti ada kelemahan dari software SAP sendiri.

Oleh sebab itu bagi anda yang memiliki ketertarikan terhadap program-program dari SAP ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan software SAP yang biasanya kekurangan dari software SAP itu tidak disampaikan dalam kursus SAP dimana pun. Oleh sebab itu artikel ini akan memberikan informasi tersebut kepada anda agar anda memiliki informasi yang cukup berimbang terkait software SAP sehingga bukan hanya kelebihannya saja yang anda tahu namun juga kekurangan yang terdapat pada software SAP itu sendiri.

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Software SAP

kelebihan dan kekurangan software sap

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini telah dirangkum beberapa kelebihan maupun kekurangan dari software SAP yang sangat terkenal. Mari anda diperkenalkan dengan kelebihannya dan kekurangan software SAP yaitu sebagai berikut :

Kelebihan dari software SAP

  1. Modul yang terdapat pada setiap software SAP sangat lengkap dan fungsional sehingga anda dan perusahaan anda akan amat sangat terbantu dengan adanya modul-modul tersebut. Menariknya semua modul yang ada itu saling terintegrasi atau terhubung satu sama lain sehingga lebih mempermudah anda dalam melakukan kontrol terhadapnya secara keseluruhan.
  2. Software SAP cenderung sangat mendukung dan mempermudah integrasi proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Karena di zaman modern ini integrasi proses bisnis menjadi salah satu orientasi yang sangat diprioritaskan oleh perusahaan mana pun baik perusahaan skala besar, perusahaan skala menengah maupun perusahaan skala kecil.
  3. Segala informasi yang terdapat di dalam SAP bisa diakses oleh perusahaan dengan sangat mudah. Sehingga ketika perusahaan membutuhkan suatu informasi penting yang sudah terlebih dahulu tersimpan di dalam SAP maka anda tidak perlu repot-repot lagi mencari direktori file yang dimaksud seperti dahulu kala, karena sistem SAP sudah menjadikannya lebih mudah.

Kekurangan dari software SAP

kelebihan dan kekurangan sap business one

  1. Nilai investasi yang dibutuhkan untuk dapat memiliki software SAP ini bisa dikatakan sangat besar sehingga masih cukup banyak perusahaan yang belum mampu menggunakannya. Hal ini yang masih dianggap sebagai kelemahan terbesar dari software SAP.
  2. Ketika perusahaan anda menggunakan software SAP guna mempermudah pekerjaan operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien maka kadang kala anda memerlukan suatu sesi konsultasi apabila terdapat suatu hal yang terjadi terkait software SAP itu. Sayangnya biaya konsultasi yang dipatok terbilang sangat besar dan mahal sehingga cukup memberatkan perusahaan yang ingin melakukan konsultasi.
  3. Software SAP ini juga kadang perlu dilakukan penggantian sistem agar semakin canggih dan mutakhir yang sayangnya lagi-lagi perusahaan yang hendak melakukan hal tersebut harus berhadapan dengan biaya yang tinggi alias mahal. Selain itu dibutuhkan waktu penerapan atau waktu implementasi yang tidak sedikit untuk bisa melakukan pembaruan sistem tersebut. Itulah sebabnya banyak perusahaan mengeluhkan lamanya waktu yang terbuang akibat penggantian sistem tersebut.

Kesimpulan Terkait Kelebihan dan Kekurangan Software SAP

harga program sap

Seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa kelebihan dan kekurangan software SAP ini pastilah ada karena memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Mengingat fungsionalitas software SAP ini yang sangat luar biasa maka tampaknya cukup wajar jika software SAP ini serba mahal baik untuk membeli software dan akunnya, konsultasi terkait software serta pembaruan terhadap software.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *