Perhatikan Hal Ini Sebelum Menulis Surat Dalam Bahasa Inggris

Kegiatan surat menyurat memang menjadi salah satu kegiatan yang masih banyak dilakukan oleh orang. Mungkin di Indonesia sendiri kegiatan surat menyurat masih ada namun tidak sebanyak waktu dulu. Mengingat pada saat ini sudah masuk pada jaman yang lebih maju yang mana adanya teknologi canggih membuat semua orang lebih mudah melakukan komunikasi jarak jauh.

Bahkan saking majunya teknologi tidak hanya berkomunikasi berupa text saja, sekarang sudah bisa berkomunikasi menggunakan video. Tentu saja kemajuan ini membuat semakin jarang orang melakukan kegiatan surat menyurat. Namun kegiatan ini masih banyak dilakukan terutama dalam hal menyurat seperti undangan.

Berbagai hal yang terbilang cukup formal tetap menggunakan media surat menyurat yang dianggap merupakan hal yang masih penting. Biasanya jika seseorang hanya ingin melakukan komunikasi sehari – hari maka penggunaan teknologi canggih tersebut dapat digunakan. Namun untuk berbagai masalah formal lainnya masih menggunakan media surat sebagai perantara yang baik dan sopan.

Asyiknya Menulis Surat

Image Source: medium.com

Menulis surat merupakan kegiatan yang asik bagi anda yang suka menulis, tapi bagi anda yang tidak suka menulis maka kegiatan menulis ini sangat membosankan. Ketika akan membuat sebuah surat maka anda harus memperhatikan berbagai hal, hal – hal ini terbilang sangat penting untuk anda perhatikan sehingga anda akan lebih mudah melakukan komunikasi menggunakan surat.

Tidak hanya di Indonesia saja penggunaan komunikasi surat – menyurat ini dilakukan, namun ada juga beberapa negara lainnya yang menggunakan kegiatan surat menyurat. Salah satu negara yang juga menggunakan kegiatan surat – menyurat ini adalah Inggris. Bagi anda yang ingin membuat surat untuk orang di luar negeri maka anda bisa memperhatikan berbagai hal berikut ini.

Pada dasarnya beberapa hal ini sama saja anda pakai ketika ingin membuat surat menggunakan bahasa Indonesia, sedikit berbeda ketika menggunakan bahasa Inggris. Nah bagi anda yang ingin membuat surat ini dalam bahasa Inggris maka inilah beberapa hal yang bisa anda perhatikan sebelumnya.

Ragam Surat

Menulis surat ini ada beberapa macam, salah satu bentuk membuat surat dalam bahasa Inggris ini adalah secara konvensional. Ketika anda ingin membuat surat secara konvensional ini maka anda bisa menggunakan berbagai kata seperti ini. Sama halnya ketika membuat surat dalam bahasa Indonesia, anda juga harus menyertakan nama dan alamat sang pengirim surat (sender name and address).

Tentu saja hal tersebut tetap harus anda tuliskan untuk kelengkapan identitas pengirim. Selain itu anda juga harus menyertakan tanggal (date), nama dan penerima surat (receiver name and address) hal satu ini sangat penting sekali keberadaannya. Ketika anda tidak melampirkan nama penerima dan juga alamat pengiriman maka surat tersebut tidak akan tersampaikan. Selain itu anda juga bisa melampirkan mengena judul (subjeck) dan isi (content).

Biasanya sebelum menulis surat maka orang akan melampirkan atau menyampaikan seperti halnya pembukaan dan penutupan (Greeting or complimentary closing), biasanya orang akan melakukan hal tersebut ketika akan memulai isi dari sebuah surat.

Setelah semua selesai dilakukan maka biasanya penulis surat akan meletakan sebuah tanda tangan (singnature) di bawah surat yang telah dibuat tadi, itulah mengenai berbagai hal penting yang sebelumnya bisa anda perhatikan sebelum membuat surat dengan bahasa Inggris, semoga ulasan ini bisa lebih membantu anda untuk membuat surat berbahasa Inggris yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *