5+ Prospek Kerja Teknik Industri Dengan Gaji Selangit

prospek kerja teknik industri

Prospek Kerja Teknik Industri – Sejauh ini jurusan teknik memang cukup banyak diminati. Sedangkan teknik pun ada berbagai macam jenis di mana salah satunya adalah teknik industri. Untuk pengenalan lebih jauh tentang jurusan ini, teknik industri merupakan gabungan beberapa ilmu yang dipertemukan dalam sebuah proses industri. Sehingga memang benar jika para lulusan teknik industri harus menguasai beberapa ilmu ketika mereka mempelajarinya.

Dengan banyaknya ilmu yang terlibat dalam teknik industri, tidak heran jika prospek kerja para lulusannya pun juga sangat luas. Banyak sekali kesempatan di berbagai bidang yang bisa di dapatkan. Berbicara mengenai pendaftaran, sebenarnya hanya tinggal mempersiapkannya sebaik mungkin termasuk masalah surat lamaran, daftar riwayat hidup dan persiapan interviewnya.

Namun sebelumnya Anda pun harus memilih kira-kira pekerjaan apa yang Anda minati. Dalam hal ini, tentu saja harus menyesuaikan dengan kemampuan dan keahlian Anda. beberapa gambaran pekerjaan pun untuk itu perlu Anda ketahui. Sedangkan berbicara mengenai gambaran, jangan khawatir karena beberapa prospek kerja teknik industri informasinya bisa Anda temukan dalam ulasan berikut ini.

1. Divisi Produksi

divisi produksi teknik industri
news.okezone.com

Sebagai lulusan teknik industri, tentu saja Anda akan sangat mengenal teknik prosuksi. Apalagi mengigat bahwa teknik prosuksi sendiri adalah inti dari teknik industri. Hal ini membuka pelung bagi Anda untuk memasuki divisi produksi. Sedangkan peranan divisi ini pun di rasa cukup penting sebagai penanggung jawab segala yang berkaitan dengan produksi di sebauh perusahaan sehingga merupakan pekerjaan yang cukup menarik.

2. Divisi Engineering

Selain itu, Anda bisa juga memasuki divisi engineering di mana akan bertugas dalam hal yang berhubungan dengan peralatan maupun kelengkapan produksi. Sebenarnya ini lebih banyak di isi oleh mechanical engineer atau electrical engineer. Dalam pembahasan teknik industri pun juga tidak bersentuhan dengannya. Akan tetapi mengingat mesin juga masuk dalam bahasan teknik industri, lulusannya pun memiliki kesempatan untuk mengisi divisi engineering. Asalkan Anda memang juga cukup memahami tentang mesin tersebut.

3. Divisi Maintenance

Divisi Maintenance
devotepress.com

Sebagai lulusan teknik industri yang banyak membahas mengenai sistem manajemen, Anda bisa juga memasuki divisi maintenance atau pemeliharaan. Sekalipun faktanya divisi ini lebih tepat jika di isi oleh para insinyur mesin. Akan tetapi tentu saja tetap membuka peluang besar bagi Anda. apalagi jika mengingat bahwa keunggulan dalam industrial engineer adalah masalah teknik dan sistem manajemen.

4. Divisi HRD (Human Resource Development)

Biasanya yang bisa mengisi divisi HRD ini adalah mereka yang merupakan lulusan psikologis, hukum dan teknik industri. Dari ketiganya, mereka akan memiliki fungsi yang berbeda. Sedangkan untuk lulusan teknik akan sangat di butuhkan dalam hal yang berkaitan dengan aktivitas lapangan yang tidak ada hubungannya dengan kedua divisi lain baik hukum maupun psikologi.

5. Konsultan

Dalam pembelajaran teknik industri sangat di perlukan kemampuan integrasi dan berpikir sistematik. Sedangkan kedau hal tersebut pun sangat di butuhkan oleh seorang konsultan. Oleh karena itu banyak lulusan teknik industri yang lebih memilih pekerjaan sebagai konsultan. Sedangkan kebutuhan akan konsultan pun juga tetap ada.

Demikianlah beberapa informasi mengenai prospek kerja teknik industri yang bisa mulai Anda rencanakan bagi para lulusannya. Selain itu pun masih ada beberapa peluang kerja lain yang juga bisa Anda masuki. Nah, sedangkan jika telah bekerja di suatu instansi dan ingin bekerja di instansi lain, sebenarnya mudah saja karena Anda bisa langsung menyerahkan surat pernyataan dan pengunduran diri. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *