7 Alasan Sablon Rubber Menjadi Pilihan Dunia Konveksi

supplier kaos kaki sashee

Sablon rubber merupakan salah satu jenis sablon yang cukup populer di dunia konveksi. Setidaknya ada 7 alasan sablon rubber menjadi pilihan dunia konveksi. Penggunaan bahan dasar karet memang membuat tinta sablon rubber memiliki banyak keunggulan.

Sablon yang memiliki sifat waterbased tersebut dapat diolah dengan menggunakan air. Tinta yang digunakan mampu menutup dan melapisi serat kain sehingga menghasilkan warna sempurna. Bahkan untuk kain berwarna gelap sekalipun warna yang dihasilkan tetap bagus.

Harga Terjangkau

Image Source: kustoom.com

Sablon rubber terkenal dengan harganya yang lebih terjangkau dibanding sablon lainnya misalnya plastisol. Bahkan tingkat peradingan harganya dengan tinta sekelas plastisol sangat beda jauh. Selain harganya ekonomis cara produksinya juga mudah.

Memang harga yang ditawarkan tergantung dari merk tinta dan tingkatan kualitasnya. Namun jika ingin membuat sablon kaos dengan harga murah tapi berkualitas maka jenis rubber sangat disarankan.

Mudah Ditemukan

Selain harganya yang terjangkau, untuk mendapatkan tinta sablon plastisol juga cukup mudah. Alasannya tidak lain karena kepopulerannya di dunia konveksi. Hal tersebut membuat tinta sablon plastisol mudah ditemukan di pasaran.

Namun, meskipun mudah ditemukan calon pemesan harus jeli melihat apakah tinta rubber yang dijual asli atau tidak. Hal tersebut tidak lain karena banyak tinta rubber palsu yang beredar di pasaran dan sekilas sulit dibedakan dengan yang asli.

Awet dan Tidak Mudah Luntur

Penggunaan bahan dasar karet membuat sablon plastisol memiliki kualitas baik dan daya tahan yang awet. Kelebihannya terdapat pada sablon yang dapat merekat dengan kuat serta tidak mudah luntur meskipun mengalami berkali-kali pencucian.

Meskipun demikian diperlukan keahlian agar kualitas sablon yang dihasilkan memiliki kelenturan terbaik dan tahan lama. Alasannya tidak lain supaya warna sablon dapat tahan dicuci dan diseterika berkali-kali.

 Elastis

Dikarenakan menggunakan bahan dasar karet sablon rubber memiliki sifat yang lentur dan tidak akan pecah meskipun di tarik-tarik. Bahkan ketika kain menjadi melar karena penggunaan dalam jangka waktu lama, sablon rubber akan menyesuaikan ukurannya.

Sablon rubber juga mampu menutup kain secara merata terutama jika dipakai sebagai underbase. Underbase sendiri berguna untuk menutupi kain di lapisan dasar sebelum diaplikasikan dengan warna yang lebih cerah diatasnya.

Cepat Kering

Salah satu dari 7 alasan sablon rubber menjadi pilihan dunia konveksi adalah sifatnya yang cepat kering. Dengan begitu tentu saja jasa sablon dapat melakukan produksi dalam jumlah banyak dengan lebih cepat.

Untuk mengeringkan tinta sablon rubber hanya memerlukan waktu 15 sampai 20 detik pada suhu mesin heat press 120 derajat keatas. Sedangkan jika tidak memakai mesin waktu yang dibutuhkan hanya 5 sampai 10 menit saja.

Cara Merawat Mudah

Sablon rubber terkenal dengan perawatannya yang tidak ribet dan lebih mudah dibandingkan jenis sablon lainnya. Bahkan kualitas sablon rubber dapat bertahan lama meskipun melewati proses penyeterikaan berulang-ulang.

Gampang Diperbaiki

Salah satu masalah yang mungkin terjadi dalam dunia konveksi  kaos adalah kesalahan saat menyablon kaos. Namun, dengan tinta rubber kesalahan ketika menyablon kaos dapat diperbaiki dengan mudah sehingga tidak perlu mengganti bahan kaos lain.

Hal ini dikarenakan sablon rubber bersifat waterbased sehingga selama masih basah dapat diperbaiki. Jadi jasa sablon kaos dapat memperbaikinya cukup dengan menggunakan air tanpa harus menunggu hingga kering.

Itulah 7 alasan sablon rubber menjadi pilihan dunia konveksi. Dari alasan-alasan diatas bisa disimpulkan bahwa sablon rubber merupakan jenis sablon yang memiliki harga terjangkau namun tetap berkualitas tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *