Tanda-Tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama

Selain memperhatikan asupan makanan dan menjaga kesehatan tubuh, salah satu hal penting untuk diketahui oleh setiap Ibu hamil maupun wanita yang belum hamil adalah pengetahuan seputar kehamilan. Kenapa? Apa pentingnya?

Memang tidak banyak orang yang mau menerima sebuah pengetahuan namun mengingat banyaknya perubahan saat hamil yang tidak mudah dihadapi maka pengetahuan tentang kehamilan pastinya sudah menjadi modal yang wajib bagi setiap wanita, belum lagi adanya beberapa risiko yang bisa terjadi pada kehamilan.

Nah, untuk menambah pengetahuan Anda semua khususnya bagi Anda para wanita, kali ini saya akan membagikan beberapa tanda kehamilan pada minggu pertama. Umumnya banyak Ibu hamil yang kesulitan untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan, apalagi saat ia baru pertama kali hamil dan usia kehamilannya masih berusia satu minggu.

Usia janin dan ukurannya yang masih sangat kecil memang menjadi kendala tersendiri yang menyebabkan seorang Ibu hamil kesulitan untuk menyadari kehamilannya. Bahkan banyak Ibu hamil yang baru sadari jika dirinya sedang hamil saat usia kehamilannya menginjak beberapa bulan.

Kondisi tersebut memang sudah cukup umum terjadi namun di usia kehamilan inilah yaitu trimester pertama kehamilan menjadi usia yang sangat membutuhkan perhatian. Pasalnya di usia inilah awal pembentukan janin yang membutuhkan asupan demi menunjang tumbuh kembangnya.

Nah, maka dari itu mengetahui tanda-tanda jika Anda sedang hamil penting untuk Anda ketahui. Di usia kehamilan minggu pertama, ada beberapa tanda yang menjadi sinyal dari tubuh jika Anda sedang mengandung calon buah hati Anda.

Apa saja tanda-tandanya? Berikut ulasannya.

Menggunakan Cara Medis

Untuk mengetahui tanda kehamilan, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan cara medis yaitu dengan menggunakan alat test pack.

Alat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek-apotek atau pelayanan farmasi terdekat dari rumah Anda, penggunaannya pun sangat mudah yaitu dengan melakukan pengecekan pada urine di pagi hari, jika Anda sedang hamil maka umumnya pada alat test pack akan memperlihatkan dua garis, dan satu garis jika Anda tidak hamil.

Implantation Bleeding

Implantation bleeding atau pendaran adalah tanda kehamilan yang umum terjadi bagi Ibu hamil. Pendaran atau munculnya bercak darah tersebut dikarenakan proses implantasi janin pada dinding rahim.

Pendarahan atau bercak darah seperti ini umumnya sama seperti saat Anda menjalani masa menstruasi namun jumlah darahnya tidak banyak seperti saat haid.

Rasa Nyeri Pada Perut

Rasa nyeri pada perut juga menjadi tanda kehamilan di minggu pertama, rasa sakit atau nyeri seperti ini juga wajar terjadi yang dikarenakan persiapan janin untuk menempel pada dinding rahmi.

Namun sayangnya tanda ini sering disalah artikan oleh banyak wanita karena rasa sakit atau nyerinya hampir sama seperti saat Anda mengalami kram perut saat akan memasuki masa menstruasi.

Mudah Mengantuk

Saat hamil perubahan hormon adalah kondisi yang menimbulkan banyak gangguan, namun semua itu terbilang cukup wajar saat hamil. Salah satu tanda-tanda kehamilan pada minggu pertama adalah tubuh jadi lebih mudah atau lebih sering mengantuk.

Bahkan mungkin Anda juga akan merasa malas untuk melakukan aktivitas yang biasanya Anda lakukan setiap hari.

Mudah Lelah

Fisik yang mudah lelah juga menjadi tanda yang menjadi sinyal jika Anda sedang mengandung, terlebih jika rasa lelah itu menyerang saat Anda tidak melakukan banyak aktivitas. Rasa lemah, lelah dan letih seperti ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron yang menjadi hormon pendukung kehamilan Anda dan juga pertumbuhan janin.

Namun hormon ini memiliki efek samping yang mengakibatkan metabolisme tubuh dan kekurangan darah Anda mengalami penurunan yang menyebabkan Anda jadi lebih mudah lelah.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Intensitas buang air kecil pada setiap orang mungkin berbeda, termasuk pula bagi Ibu hamil. Seorang Ibu hamil termasuk saat usia kehamilannya baru satu minggu umumnya akan membuat Anda lebih sering buang air kecil dari biasanya. Ya, salah satu tanda kehamilan adalah saat Anda lebih sering buang air kecil dari biasanya.

Kondisi seperti ini terjadi karena kandung kemih Anda akan tertekan yang menjadi efek dari pertumbuhan janin yang Anda kandung. Menurut pakar kehamilan, kondisi seperti ini akan berlangsung sampai 12 minggu dan akan kembali terjadi saat usia kehamilan memasuki 28 minggu.

Morning Sicknes

Morning sicknes adalah gangguan berupa mual dan muntah yang sangat melekat pada Ibu hamil, gangguan seperti ini pun sangat umum terjadi di awal kehamilan. Ya, morning sicknes adalah salah satu tanda jika Anda sedang hamil.

Nafsu Makan Berkurang

Karena gangguan mual dan muntah seorang Ibu hamil juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Nafsu makan yang berkurang menjadi salah satu tanda yang sangat umum terjadi pada minggu pertama kehamilan, kondisi ini dikarenakan rasa mual dan muntah yang terjadi akibat pengaruh pertumbuhan hormon pada tubuh maupun masuknya hormon baru pada tubuh Anda yaitu dari janin yang Anda kandung.

Perubahan Fisik

Fisik yang mengalami perubahan umumnya memang akan dialami oleh Ibu hamil, namun di usia kehamilan yang baru satu minggu umumnya perubahan fisik belum signifikan apalagi pada kondisi perut Anda. Tapi selain perut, sebenarnya ada banyak perubahan fisik yang bisa Anda kenali sebagai tanda jika Anda sedang mengandung.

Umumnya perubahan fisik akan terjadi pada payudara Anda dan juga pada daerah kewanitaan Anda. Tanda jika Anda sedang mengandung adalah payudara Anda menjadi lebih besar dan sensitive saat disentuh. Perubahan ini sangat wajar karena pertumbuhan hormon untuk mempersiapkan ASI.

Selain itu organ kewanitaan dan juga mulut rahim akan mengalami perubahan warna. Jika Anda mengalami semua tanda-tanda tersebut besar kemungkinan jika Anda sedang mengandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *