Tips untuk Menjaga Rumah Anda Tetap Dingin Meskipun Tanpa AC

Jika tidak berasal dari sumber energi terbarukan, peningkatan penggunaan AC akan berkontribusi pada emisi gas rumah kaca dan pemanasan global. Ini berarti bahwa musim panas akan lebih panas. Lingkaran setan Namun, bangunan dapat dirancang untuk menjaga udara tetap segar, tanpa harus berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Jendela dan tirai

Membuka jendela adalah cara paling umum untuk mendinginkan ruangan, tetapi ini juga membuat udara di dalam ruangan sepanas di luar. Salah satu cara termudah untuk menjaga udara panas dalam kenyataan adalah dengan isolasi yang baik dan penempatan jendela yang tepat. Pelindung rumah seperti atap miring dan kerai sangat efektif di musim panas.

Namun, akan sulit untuk menginstal naungan di jendela yang dipasang menghadap ke timur dan barat. Ini disebabkan oleh penggunaan gorden atau gorden yang hanya akan menutup tampilan dan mencegah cahaya masuk.

Jika dipasang di rumah, panas akan masuk ke ruangan. Banyak yang memilih memasang di luar rumah, seperti bangunan tua di Prancis dan Italia.

Cat dan lapisanya

Saat ini, atap rumah dicat dengan pigmen khusus untuk memantulkan radiasi matahari, tidak hanya cahaya tampak tetapi juga cahaya inframerah. Ini dapat mengurangi suhu udara lebih dari 10 ° C dibandingkan dengan cat biasa. Kemudian, lapisan cat yang terbuat dari bahan yang telah dipilih untuk jendela juga menjaga panas matahari keluar dari ruangan, tetapi cahaya bisa masuk

Ada juga lapisan photochromic, yang berubah sesuai dengan intensitas cahaya yang masuk, seperti halnya kacamata hitam.

Dan, pelapis termokromik, yang menggelap saat udaranya panas. Cat termokromik sedang dikembangkan, yang dapat menyerap cahaya dan panas saat udara dingin dan memantul saat udara panas.

Bahan bangunan

Bangunan yang terbuat dari batu, bata atau beton atau dibangun di atas tanah terasa lebih dingin karena massa termal “yang tinggi dari material ini. Massa termal adalah kemampuan bahan bangunan untuk menyerap dan melepaskan panas secara perlahan, sehingga mencapai suhu dingin di pagi hari dan hangat di malam hari. Jika Anda pernah mengunjungi gereja batu di musim panas di Italia, Anda mungkin merasa dingin di ruangan itu.

Itu lebih dingin di dalam ruangan daripada di luar. Blaster / Flickr. , CC BY-NC-ND

Sayangnya, bangunan modern menghasilkan lebih sedikit massa termal atau bahan yang memiliki massa termal tinggi ditutupi oleh papan atau karpet.

Kayu juga semakin banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Namun, meskipun bangunan kayu umumnya memiliki dampak lingkungan yang kurang, massa termal yang dihasilkan sangat buruk.

Bahan hibrida dan perubahan fasa (PCM)

Meskipun beton memiliki massa termal yang tinggi, bahan ini membutuhkan energi besar: sekitar 8% hingga 10% dari emisi karbon dioksida global berasal dari beton.

Alternatif seperti sistem campuran, misalnya, ketika mencampur kayu dengan beton, semakin dibangun dan dapat membantu mengurangi dampak lingkungan, sambil memberikan massa termal yang diinginkan.

Solusi lain, bahan ganti fase atau PCM, yang dapat menyimpan dan melepaskan energi dalam bentuk panas laten. Kemudian, ketika dingin, zat berubah menjadi bahan padat (membeku) dan melepaskan panas. Ketika menjadi cair lagi, bahan menyerap panas dan memberikan efek pendinginan.

PCM memiliki massa termal yang lebih besar daripada batu dan beton. Menurut penelitian, bahan dapat mengurangi suhu internal hingga 5 ° C. Jika diterapkan pada bangunan dengan pendingin udara, mereka dapat mengurangi konsumsi listrik hingga 30%.

PCM telah dinamai teknologi yang menjanjikan oleh para peneliti dan tersedia secara komersial, biasanya di langit-langit dan panel dinding.

Sayangnya, produksi PCM masih membutuhkan energi yang cukup besar. Beberapa PCM dapat menghasilkan seperempat emisi CO2 dibandingkan dengan bahan lain, sehingga pemilihan produk adalah kuncinya. Manufaktur PCM juga harus lebih efisien di masa depan, sehingga nilainya dapat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *